Minggu, 23 Desember 2018

Presenting

Presenting (Visual Information)

Selama hidup, manusia akan saling berinteraksi. Salah satunya adalah dengan berkomunikasi. Komunikasi adalah salah satu kebutuhan manusia dalam menjalani hidup. Karena manusia membutuhkan manusia lain selama hidupnya. Bahkan untuk hadir dan ikut meramaikan dunia, manusia membutuhkan manusia lain, terutama seorang ibu untuk melahirkannya.

Komunikasi sering kali diartikan sebagai percakapan dua arah antar manusia. Tetapi komunikasi sebenarnya tidak hanya dilakukan secara verbal. Apalagi dengan bantuan teknologi, komunikasi dilakukan dengan saling mengirimkan pesan secara tertulis, terutama secara digital. Rogers yang merupakan pakar komunikasi menyatakan bahwa komunikasi merupakan suatu proses dimana ide dialihkan dari sumber atau pengirim pesan kepada penerima pesan atau lebih dengan maksud untuk merubah tingkah laku mereka.
Bentuk komunikasi itu luas. Bentuk komunikasi dapat dilakukan dengan dua cara, yakni:
1. Berbicara dengan bertukar pikiran atau pendapat.
2. Memberitahukan informasi, bentuk gagasan melalui kata-kata yang diucapkan atau ditulisakan, menggunakan gambar, simbol, foto, bahas isyarat atau melalui bunyi.

Melihat bentuk komunikasi di atas, maka tentu logo termasuk kedalam bentuk komunikasi yang kedua. Logo adalah salah satu contoh menggunakan visual sebagai sarana untuk berkomunikasi. Melakukan komunikasi secara visual melalui logo telah menjadi trend tersendiri dan memang menjadi kebutuhan bagi setiap brand.

Apa itu komunikasi secara visual? Komunikasi visual adalah sarana komunikasi yang mana informasi disampaikan oleh desainer melalui hasil karyanya. Singkatnya, komunikasi visual adalah penyampaian pesan menggunakan karya desain yang dirancang oleh desainer visual. Ini berarti pengirim pesan bahkan tidak perlu mengatakan apapun kepada orang yang menjadi target penyampaian pesan.

Untuk menjadi desainer visual, atau dalam hal ini lebih ditekankan kepada pembahsan mengenai logo, tidak cukup hanya dengan memiliki kemampuan dalam menggunakan perangkat lunak komputer. Desainer harus mengetahui sejarah, pemikiran, konsep, dan tentu saja proses desain logo. Kemampuan dalam menggunakan komputer akan sangat membantu desainer dalam menuangkan ide-idenya. Akan tetapi dengan dibekali teori serta pengetahuan lain mengenai desain logo, hasil desain logo yang dibuat akan semakin meningkatkan nilai dari logo yang didesain.
 Source :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bussiness English 2

Final Meeting, Test Assignment 1. Participles as adjectives  Member 1 by Aminurlaila (20216709) -Interested She's interested in ani...